IMG-LOGO
Artikel Desa

DISABILITAS BERDAYA DI WAKTU PANDEMI COVID-19

Create By 31 August 2020 6303 Views
IMG

Bencana Covid-19 sangat berdampak pada setiap sendi kehidupan manusia. Dampak tersebut dialami juga oleh perempuan kepala rumah tangga dan kelompok rentan termasuk keluarga dengan disabilitas.
Dalam rangka penanganan dampak bencana Covid-19 terhadap perempuan kepala rumah tangga, kelompok rentan termasuk disabilitas DP3AP2KB Propinsi Jawa Tengah melalui DinsosPPKB & PPPA Kabupaten Magelang mengadakan program produksi Face Shield yang dalam pelaksanaannya diserahkan kepada masyarakat yang termasuk dalam kriteria tersebut.
Kelompok difabel kecamatan srumbung yang tergabung dalam Forum Disabilitas Kecamatan Srumbung menjadi salah satu kelompok penerima program tersebut dengan mendapatkan alokasi kegiatan membuat 1700 buah Face Shield. Pengerjaan Face Shield tersebut Fodis menggandeng organisasi difabel Desa Ngablak yang dengan ketua Tatik Setyawati. dalam pernyataannya Tatik mengatakan bahwa program ini sangat bermanfaat untuk mendukung peningkatan ekonomi keluarga dengan disabilitas selain itu dengan adanya produksi Face Shield dimasyarakat juga menjadi media pendidikan akan pentingnya memutus mata rantai penularan Virus Covid-19, pengerjaan Face Shield ini melibatkan 12 orang dengan keluarga disabilitas di bantu 3 orang non disabilitas.

Kepala Desa Ngablak Amri Subkhantoro mengucapkan terimakasih kepada  DP3AP2KB Propinsi Jawa Tengah melalui DinsosPPKB & PPPA Kabupaten Magelang yang telah memberikan kegiatan kepada kaum rentan.  bahwa kegiatan ini sangat membantu warga kami yang pada saat pandemi ini sangat membutuhkan bantuan untuk pemberdayaan kepada kaum rentan dan disabilitas,